Gallery KEK

Ekonomi kreatif nantinya akan menjadi pilar perekonomian Indonesia di masa yang akan datang. Kita perlu melakukan lompatan dari perekonomian yang sebelumnya mengandalkan sumber daya alam, mengandalkan pertanian, mengandalkan industri, mengandalkan teknologi informasi, menjadi perekonomian yang digerakkan oleh industri Kreatif (Presiden RI Joko Widodo).

Komite Ekonomi Kreatif Kota Malang menyelenggarakan rapat awal pada tahun 2018 bertempat di Ruang Sidang Balaikota Malang, Selasa (27 Feb 2018). Tahun 2017 juga telah dilakukan Pemetaan Potensi Ekonomi Kreatif Kota Malang, sebagai data pendukung dalam rangka menyusun Road Map Pengembangan Sub Sektor Ekonomi Kreatif yang lain, dimana terdapat 6 (enam) sub sektor yang perlu dikembangkan yaitu : Kriya, Desain Komunikasi Visual (DKV), Fashion, Arsitektur, Seni Rupa dan Seni Pertunjukan atau Fotografi (pilihan).
Sedangkan utk Tahun 2018 ini, Rencana Kerja dr Komite Ekonomi Kreatifakan menyusun Road Map Pengembangan Sub Sektor yang merupakan ouput dari Komite Ekonomi Kreatif Kota Malang;
• Pada Semester I Tahun 2018, akan disusun road map pengembangan untuk 3 (tiga) sub sektor, yaitu Kriya, Desain Komunikasi Visual (DKV) dan Fashion.
• Penyusunan dilakukan melalui Forum Group Disscusion (FGD) dengan melibatkan 4 (empat) aktor utama untuk menggali lebih dalam tentang kondisi masing-masing sub sektor, permasalahan yang ada dan upaya apa yang perlu dilakukan dalam pengembangannya.
• Mekanisme yang sama juga akan dilakukan pada semester II Tahun 2018, sehingga diharapkan pada akhir Tahun 2018, telah rampung Road Map Pengembangan Ekonomi Kreatif untuk 6 (enam) sub sektor dimaksud, dan dapat diajukan dalam bentuk Peraturan Walikota.