EVALUASI SAKIP DAN RB KOTA MALANG TAHUN 2018

Penguatan akuntabilitas kinerja merupakan salah satu program yang dilaksanakan dalam rangka reformasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) yang dinilai sangat  penting dan strategis bagi penyelenggaraan suatu negara, karena instansi pemerintah dipacu untuk terus meningkatkan kualitas kinerjanya sejak perencanaan, pelaksanaan, hingga tahap pelaporan. Dalam pelaksanaannya, SAKIP juga menguji akuntabilitas seluruh proses yang berlangsung melalui kegiatan evaluasi atas implementasinya sehingga teruji kebenarannya.

Dalam proses tersebut, perwakilan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) Republik Indonesia berkunjung ke Kota Malang dalam rangka evaluasi Sakip dan RB Kota Malang Tahun 2018. Acara evaluasi SAKIP dihadiri oleh Walikota dan Wakil Walikota Malang beserta seluruh Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Malang. Dalam sambutannya, Walikota Malang, Drs. H. Sutiaji menyampaikan perlunya untuk mengejar dan menghargai waktu. Sehingga diharapkan setiap Kepala OPD dapat memanfaatkan waktu sebaik-baiknya dalam menyelesaikan setiap tugas.

Dalam proses evaluasi SAKIP, perwakilan Kemenpan-RB meminta sejumlah OPD yang penunjukannya dilakukan secara acak untuk memaparkan SAKIP perangkat daerahnya. Beberapa OPD yang ditunjuk ialah Disperkim, DPUPR, Dinas Sosial dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata.

Diakhir acara, Walikota Malang ikut memaparkan strategi implementasi SAKIP Kota Malang dihadapan para tamu undangan dan Perwakilan dari Kemenpan RB. Dalam paparannya beliau menjelaskan tentang tindak lanjut atas rekomendasi Kemenpan-RB terhadap SAKIP sebelumnya.

Proses evaluasi Sakip merupakan siklus tahunan dan akan terus berulang sehingga diharapkan mampu meningkatkan kualitas kinerja instansi pemerintah.

Leave a comment