FGD PENYUSUNAN ROADMAP KOMITE EKONOMI KREATIF KOTA MALANG

Pengembangan usaha/industri kreatif perlu menjadi perhatian dalam persaingan global, dikarenakan industri kreatif mampu berkontribusi terhadap perekonomonian nasional maupun daerah. Tidak dapat dipungkiri jika pengembangan ekonomi kreatif memerlukan sinergi semua pelaku ekonomi dan pemerintah, sehingga diperlukan suatu wadah yang mampu menampung setiap aspirasi para pelaku ekonomi. Atas dasar pemikiran tersebut, Barenlitbang Kota Malang melalui Komite Ekonomi Kreatif Kota Malang menyelenggarakan FGD bersama OPD-OPD terkait dalam rangka mendiskusikan setiap masukan dan permasalahan yang dihadapi oleh para pelaku ekonomi kreatif di Kota Malang. FGD ini merupakan tindaklanjut dari pertemuan sebelumnya dengan para pelaku ekonomi di Kota Malang yang telah diselenggarakan pada Bulan Mei 2018.

FGD dipimpin langsung oleh Kepala Sub Bidang Ekonomi dan Keuangan Barenlitbang, Bapak Willstar Taripar H.,S.STP. Dalam forum tersebut, Bapak Willstar mengundang 4 aktor dalam pengembangan Ekonomi Kretiaf yaitu Pemerintah, Komunitas, Akadimisi dan Bisnis dalam rangka penyusunan Roadmap.

Saat ini, Komite Ekonomi Kreatiaf Kota Malang sedang membahas roadmap 3 sub sektor yaitu Design Komunikasi Visual (DKV), Fashion dan Kriya yang dimulai dengan mendengarkan segala permasalahan-permasalahan dan masukan dari keempat aktor yang kemudian akan didiskusikan penyelesaian atas setiap permasalahan yang ada.

Dengan adanya roadmap ini, diharapkan mampu meningkatkan usaha para pelaku ekonomi sehingga berdampak pada meningkatnya perekonomian Kota Malang.

Leave a comment