KUNJUNGAN KOMISI II DAN III DPRD KOTA PEMATANG SIANTAR PROVINSI SUMATERA UTARA TERKAIT PENATAAN RUANG, SEKTOR PENUNJANG PEREKONOMIAN DAN INVESTASI DALAM UPAYA PENINGKATAN PAD

 

Pemerintah Kota Malang melalui Barenlitbang Kota Malang menerima kunjungan kerja Komisi II dan III DPRD Kota Pematang Siantar Provinsi Sumatera Utara mengenai Penataan Ruang, Sektor Penunjang Perekonomian dan Investasi dalam upaya peningkatan PAD. Rombongan diterima langsung oleh Kepala Badan Barenlitbang di Ruang Palapa Balaikota Malang pada Kamis, 1 Maret 2018.

Dalam kunjungan tersebut, Kepala Barenlitbang menjelaskan dan menjawab setiap pertanyaan terkait tata ruang di Kota Malang sebagai bahan kajian dan referensi anggota Komisi II dan III DPRD Kota Pematang Siantar. Kota Malang telah memiliki Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2011 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Malang 2010-2030 yang menjadi pedoman umum dalam penataan ruang di Kota Malang yang memiliki 2 tujuan sesuai dengan penjelasan Pasal 7, yaitu :

  1. Mewujudkan Kota Malang sebagai Kota Pendidikan yang berkualitas dengan peningkatan pertumbuhan ekonomi yang didukung sektor penunjang pariwisata serta sektor industri, perdagangan dan jasa agar tercipta kota yang aman, nyaman, produktivitas dan berkelanjutan.
  2. Terwujudnya prasarana dan sarana kota yang berkualitas dalam jumlah yang layak, berkesinambungan serta dapat diakses oleh seluruh warga kota.

Atas dasar tujuan yang terkandung dalam Peraturan Daerah tersebut, Pemerintah Kota Malang membangun satu pemahaman bahwa pedoman dalam setiap penataan serta pengembangan tata ruang kota adalah sebuah harmonisasi atau keseimbangan pertumbuhan semua bidang pembangunan, baik bidang pendidikan, sosial, ekonomi, wisata dan bidang-bidang yang lain.

Pada Era Otonomi Daerah saat ini, partisipasi masyarakat dalam pembangunan semakin memiliki nilai strategis. Sehingga diharapkan dapat memberikan ide, pemikiran serta gagasan yang inovatif, kreatif dan berwawasan ke depan untuk kemajuan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

Berbagai kreativitas masyarakat Kota Malang telah menciptakan kampung berkarakter diantaranya Kampung Warna-Warni, Kampung Tiga Dimensi, Glintung Go Green, Kampung Bersinar serta berbagai taman kota yang merupakan CSR dari beberapa perusahaan swasta dan perbankan sehingga dapat memberikan dampak positif terhadap potensi lokal dan pertumbuhan perekonomian masyarakat Kota Malang.