PENYERAHAN RANCANGAN RENJA PERANGKAT DAERAH KOTA MALANG TAHUN 2019

Pemerintah Kota malang melalui Barenlitbang melakukan salah satu tahapan yang diamanatkan oleh Permendagri Nomor 86 Tahun 2017, yaitu penyampaian Rancangan Renja Perangkat Daerah Kota Malang Tahun 2019 kepada Barenlitbang Kota Malang untuk diverifikasi dan menjadi bahan penyempurnaan Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah atau RKPD. Tujuan dari verifikasi ini adalah untuk menjamin keselarasan rancangan Renja Perangkat Daerah dengan Rancangan Awal RKPD Kota Malang.

Rencana kerja pemerintah daerah atau RKPD merupakan dokumen perencanaan pembangunan daerah yang bersifat tahunan, yang menjadi dasar proses penganggaran daerah, yakni RKPD sebagai pedoman perumusan kebijakan umum anggaran dan prioritas, serta plafon anggaran Perda APBD sehingga seluruh program dan kegiatan yang akan dianggarkan di dalam APBD harus tercantum dalam dokumen RKPD, kecuali kegiatan-kegiatan dengan sumber pendanaan yang bersifat spesific grant atau earmarking seperti dana alokasi khusus atau dana bagi hasil cukai hasil tembakau yang peruntukannya sangat bergantung pada hasil verifikasi pemerintah pusat atau sekretaris DBCHT provinsi Jawa Timur yang mengacu pada Juknis yang diterbitkan oleh Kementrian.

Mengingat pentingnya peran vital dan strategis posisi RKPD dalam pembiayaan penyelenggaraan pembangunan daerah, maka perumusan RKPD harus dilakukan sesuai dengan tahapan-tahapan yang telah diatur oleh Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 secara runtut dan tepat waktu. Dampak langsung yang diharapkan adalah APBD yang akan ditetapkan bersama antara Kepala Daerah dan DPRD yang tepat sasaran dan tepat waktu serta dapat menjawab kebutuhan obyektif masyarakat secara optimal.

Sesuai dengan Jadwal yang telah ditentukan, penyampaian Rencana Kerja seluruh SKPD di Kota Malang diselenggrakan pada Jumat 9 Maret 2018 bertempat di Ruang Rapat Balaikota Malang. Acara dibuka oleh Kepala Barenlitbang Bapak Erik Setyo Santoso dan diakhiri dengan penyerahan rancangan Renja Perangkat Daerah kepada Barenlitbang Kota Malang. Setiap rancangan Renja akan dipelajari oleh Barenlitbang dan dilakukan verifikasi pada tanggal 12-13 Maret 2018 bertempat di Hotel Savana Kota Malang. Dalam paparan yang dijelaskan oleh Kepala Barenlitbang menyebutkan bahwa setiap tahapan-tahapan dalam penyusunan RKPD harus dilaksanakan tepat waktu karena keterlambatan dalam 1 tahapan akan berdampak pada mundurnya tahapan-tahapan selanjutnya. Sehingga perlu adanya komitmen dari setiap SKPD dalam menyelesaikan setiap tahapan secara tepat waktu dan tepat sasaran.