MUSYAWARAH PERENCANAAN PEMBANGUNAN (MUSRENBANG) RENCANA KERJA PEMERINTAH DAERAH KOTA MALANG TAHUN 2019

 

Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) merupakan musyawarah dalam rangka proses pembahasan, penilaian dan penentuan priroritas usulan rencana pembangunan yang melibatkan berbagai komponen masyarakat, dunia usaha, dan pemerintah untuk merumuskan pembangunan. Barenlitbang sebagai penyelenggara dan koordinator Perencanaan Kota Malang, menyelenggarakan Musrenbang RKPD Kota Malang pada 28 Maret 2018 bertempat di Hotel Gajah Mada dengan mengundang lebih dari 250 peserta yang terdiri dari unsur Eksekutif, Legislatif, Forkopimda, Akademisi, Perbankan, Asosiasi Profesional, Komunitas, Delegasi Kecamatan serta unsur pemangku kepentingan lainnya.

Musrenbang RKPD di Tingkat Kota merupakan satu rangkaian sekaligus lanjutan dari pelaksanaan Musrenbang RKPD di Tingkat Kelurahan dan Kecamatan yang telah dilaksanakan pada Bulan Januari hingga Februari 2018. Acara Musrenbang RKPD tingkat Kota dibuka secara resmi oleh Pjs.Walikota Malang, Bapak Dr. Ir. Wahid Wahyudi, MT. dengan Tema Musrenbang yang mengacu pada RKPD tahun 2019 yaitu:

“PERCEPATAN PEMBANGUNAN DI SELURUH WILAYAH KOTA MALANG UNTUK MEWUJUDKAN PERTUMBUHAN EKONOMI YANG BERKUALITAS DAN BERKEADILAN”

Perumusan rencana pembangunan daerah dilakukan dengan membuka kesempatan kepada para pemangku kepentingan untuk turut terlibat, karena rencana pembangunan daerah harus dirumuskan secara partisipatif yaitu hak masyarakat untuk terlibat dalam proses perencanaan pembangunan daerah sehingga pelaksanaan Musrenbang RKPD merupakan salah satu wujud nyata keterlibatan masyarakat dalam perumusan rencana pembangunan daerah.

Berdasarkan rancangan RKPD Tahun 2019, terdapat 10 prioritas pembangunan daerah pada Tahun 2019, yaitu meliputi:

  1. Peningkatan kualitas dan aksesibilitas pelayanan pendidikan
  2. Peningkatan kualitas dan aksesibilitas pelayanan kesehatan
  3. Peningkatan pemerataan pendapatan masyarakat
  4. Peningkatan pertumbuhan investasi daerah
  5. Peningkatan produktivitas daerah melalui kemandirian usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM)
  6. Peningkatan kualitas Infrastruktur sarana dan prasarana wilayah
  7. Peningkatan kualitas lingkungan hidup
  8. Peningkatan ketentraman dan ketertiban umum
  9. Peningkatan Akuntabilitas Penyelenggaraan Pemerintah Daerah
  10. Peningkatan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik yang berorientasi pada kepuasaan masyarakat.

Pelaksanaan seluruh rangkaian Musrenbang di Tahun 2018 dalam rangka penyusunan RKPD Tahun 2019 telah memanfaatkan aplikasi E-Musrenbang , khususnya dalam penyimpanan dan pemprosesan usulan kegiatan hasil Musrenbang diseluruh tingkatan sehingga diharapkan pelaksanaan Musrenbang menjadi terintegrasi. Total usulan kegiatan untuk dibiayai APBD Kota Malang Tahun 2019, khusus melalui anggaran belanja perangkat daerah (non anggaran belanja kelurahan) sesuai dengan hasil Musrenbang RKPD di 5 Kecamatan di Kota Malang meliputi kegiatan fisik dan non fisik adalah sejumlah 3.180 kegiatan.