KUNJUNGAN KERJA BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA (BPSDM) PROVINSI BALI

 

Kota Malang – Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan (Barenlitbang) Kota Malang kembali menerima Kunjungan Kerja dan kali ini yang mengunjungi Kota Malang adalah Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Bali yang menyelenggarakan kegiatan diklat Perencanaan Pembangunan Daerah kepada 30 pejabat perencanaan di lingkungan Pemerintah Provinsi Bali dengan salah satu agenda diklat adalah melaksanakan benchmarking ke unit kerja Barenlitbang Kota Malang yang bertujuan untuk memberikan tambahan wawasan kepada peserta diklat dan bertukar informasi terkait perencanaan berbasis elektronik (E-Planning).

Rombongan dari BPSDM Provinsi Bali diterima langsung oleh Kepala Barenlitbang Kota Malang, Bapak Erik Setyo Santoso, S.T., M.T. didampingi Bidang Perencanaan dan Pelaporan. Dalam acara tersebut, Bapak Kepala Barenlitbang memaparkan proses perencanaan di Kota Malang yang telah berjalan beserta aplikasi-aplikasi yang digunakan selama proses perencanaan berlangsung. Salah satu isi materi paparan adalah mengulas aplikasi E-Planning dan E-Budgeting Kota Malang serta proses perencananaa di Kota Malang yang salah satu prosesnya adalah keterlibatan Kepala-Kepala OPD dalam perencanaan yang ditunjukkan dengan Pemaparan Program dan Kegiatan beserta Kebutuhan Anggaran Perangkat Daerah Tahun 2019 oleh masing-masing Kepala OPD di hadapan Tim Evaluator yang terdiri dari TAPD didampingi oleh Tenaga Ahli Akademisi yang telah diselenggarakan pada 19 Maret 2018 di Hotel Savana Kota Malang.

Dalam forum tersebut, beberapa pertanyaan diajukan oleh peserta forum dimana salah satu pertanyaan yang diajukan adalah terkait transparansi ke publik. Pada era digital seperti saat ini, media memiliki peran penting dalam mendistribusikan informasi kepada masyarakat luas, sehingga dibutuhkan media informasi khusus yang mudah diakses oleh masyarakat sebagai salah satu layanan informasi publik. Atas dasar tersebut, Barenlitbang Kota Malang memiliki 3 media informasi yang dapat diakses oleh masyarakat sebagai bentuk transparansi publik yaitu :

Website      : barenlitbang.malangkota.go.id

Facebook    : @barenlitbang.malangkota

Instagram   : barenlitbangkotamalang

Dalam media sosial tersebut, termuat agenda kegiatan Barenlitbang Kota Malang, update informasi terkait perencanaan Kota Malang serta kajian-kajian yang telah dilakukan.

Diharapkan dengan adanya kunjungan kerja tersebut dapat menjadi media saling bertukar informasi antara Barenlitbang Kota Malang dan peserta BPSDM Provinsi Bali sebagai upaya dalam mengembangkan dan memajukan Kota Malang dan Provinsi Bali.