SOSIALISASI DAN ASISTENSI PERSIAPAN EVALUASI SAKIP TAHUN 2018

11 April 2018

@Ruang Sidang Balaikota Malang

Malang Kota – SAKIP merupakan sistem yang mengintegrasikan antara Perencanaan, Pengganggaran, Laporan Kinerja serta Akuntabilitas Keuangan Instansi Pemerintah Kota Malang sebagai bagian dari Institusi Pemerintah untuk menyelaraskan antara Perencanaan Pembangunan, Penganggaran, Laporan Keuangan yang diwujudkan ke dalam kerja dan kinerja setiap aparatur sipil negara di lingkungan Pemerintah Kota Malang. Pelaksanaan SAKIP di setiap Pemerintah Daerah, termasuk di Kota Malang berpedoman pada  Peraturan Menteri PAN dan RB Nomor 12 Tahun 2015 Tentang Pedoman Evaluasi atas Implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah.

Pemerintah Kota Malang melalui Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Barenlitbang) Kota Malang menyelenggarakan Sosialisasi dan Asistensi dalam Mempersiapkan Evaluasi SAKIP Tahun 2018 yang dihadiri oleh Bagian Perencanaan setiap OPD di lingkungan Pemerintah Kota malang yang bertujuan untuk memberikan informasi pendahuluan tentang dokumen SAKIP yang dibutuhkan dalam evaluasi SAKIP serta komponen yang menjadi persyaratan dalam penilaian akuntabilitas kinerja disetiap sub komponen.

Dalam Acara Sosialisasi dan Asistensi SAKIP, Barenlitbang bekerjasama dengan Inspektorat sebagai evaluator SAKIP perangkap daerah untuk fokus pada komponen pengukuran dan evaluasi kinerja yang akan dijelaskan oleh narasumber dari Inspektorat Kota Malang. Bersama dalam acara tersebut, Barenlitbang memperkenalkan aplikasi e-SAKIP, yaitu aplikasi SAKIP Pemerintah Kota Malang yang menginformasikan kinerja perangkat daerah. Aplikasi e-SAKIP terintegrasi dengan aplikasi perencanaan yang merupakan informasi terhadap kinerja yang dicapai setiap triwulan dari target yang telah direncanakan dalam dokumen perencananaan. E-SAKIP mencakup perjanjian kinerja, pengukuran kinerja dan evaluasi kinerja.

Dengan dilaksanakannya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan nilai evaluasi SAKIP pada perangkat daerah serta meningkatkan hasil evaluasi secara keseluruhan dan keselarasan antara dokumen yang dikumpulkan dengan do/action dalam pelaksanaan kegiatan.