SEMINAR STRATEGI PENGUATAN PENGELOLAAN MENUJU JURNAL ILMIAH TERAKREDITASI

Hotel Ijen Suit

Rabu 2 Mei 2018

Kota Malang – Publikasi ilmiah merupakan salah satu indikator kenajuan suatu bangsa, selain jumlah kekayaan intelektual dan tingkat kesiapan penyerapan hasil teknologi. Peningkatan jumlah publikasi ilmiah menandakan bahwa aktivitas penelitian sebagai motor bagi kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi dan inovasi dari sebuah negara berjalan dengan baik.

Melalui Seminar tentang Strategi Penguatan Pengelolaan Menuju Jurnal Ilmiah Terakreditasi yang diselenggarakan di Ijen Suites Hotel, Barenlitbang Kota Malang mensosialisasikan Jurnal Ilmiah dengan nama PANGRIPTA. Selain dalam rangka sosialisasi, acara tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas/mutu pengelolaan Jurnal Pangripta agar segera terakkreditasi dan sebagai wadah pubilkasi kelitbangan yang terakreditasi bagi seluruh karya ilmiah/penelitian/kajian maupun pengembangan di Kota Malang sehingga berguna bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta meningkatkan kualitas perencanaan pembangunan di Kota Malang.

Acara seminar dibuka oleh Kepala Barenlitbang, Bapak Erik Setyo Santoso, ST. MT. Dalam sambutannya, Kepala Badan Barenlitbang mengajak para peserta yang terdiri dari kalangan Akademisi  dan OPD se Malang Raya (Kota Malang, Kab. Malang dan Kota Batu) untuk berpartisipasi dalam Jurnal Ilmiah PANGRIPTA. “Jurnal Pangripta terbit 2 kali dalam setahun yaitu bulan Maret dan bulan September, kalau bulan Maret saat ini sudah terbit, kami tunggu di edisi kedua nanti karya-karya dari bapak-ibu sekalian” kata Bapak Erik Setyo Santoso, ST. MT.

Narasumber dalam acara seminar tersebut adalah Direktur Pascasarjana Universitas Wisnuwardhana, Prof. Dr. Soenyono, SH.,M.Si yang menyampaikan materi berjudul “Mengenal kriteria, klasifikasi dan mutu jurnal ilmiah yang baik” dan Kasubbag Perpustakaan, Informasi dan Dokumentasi Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendagri, Bapak Moh. Ilham A. Hamudy yang menyampaikan tatacara penulisan dalam jurnal ilmiah dimana materi paparan dapat diunduh di website www.barenlitbang.malangkota.go.id.

Diharapkan dengan acara seminar tersebut dapat menjadi sebuah ajang diskusi sehingga dapat memberikan saran dan masukan sebagai upaya penguatan pengelolaan Jurnal Pangripta agar dapat segera terakreditasi.