PENGANUGRAHAN PENGHARGAAN ADINATA MANDRAKANTA KEPADA 3 PERANGKAT DAERAH TERPILIH

Malang Kota – Pemerintah Kota Malang melalui Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Kota Malang menyelenggarakan acara Evaluasi Renja Perangkat Daerah Triwulan 1 Tahun 2018 sekaligus penyerahan Penghargaan Adinata Mandrakanta kepada Perangkat-Perangkat Daerah yang unggul dalam kemajuan progres realisasi kinerja dan anggaran pada Triwulan 1 Tahun 2018. Penghargaan Adinata Mandrakanta diberikan kepada 3 Perangkat Daerah Terbaik.

Acara yang diselenggarakan di Ruang Sidang Balaikota Malang (7 Mei 2018) tersebut dibuka oleh Pjs. Walikota Malang, Bapak Dr. Ir. Wahid Wahyudi, MT. Dalam sambutannya, Pjs. Walikota Malang menyampaikan pentingnya perencanaan karena dengan perencanaan kita dapat mengetahui kedepan Kota Malang akan menjadi seperti apa.

Sejalan dengan Pjs. Walikota Malang, Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Kota Malang, Bapak Erik Setyo Santoso, ST.,MT dalam laporan ketua panitia menyampaikan bahwa evaluasi perencanaan pembangunan mutlak dilaksanakan oleh pemerintah daerah, baik pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten/kota. Pemerintah daerah harus melaporkan secara berjenjang evaluasi perencanaan pembangunan. Salah satu bentuk evaluasi perencanaan pembangunan adalah evaluasi hasil rencana kerja perangkat daerah yang dilaksanakan setiap triwulan.

Perencanaan yang telah disusun secara matang dan baik, perlu dilakukan evaluasi secara berkala agar dapat mencapai target dan sasaran yang telah ditetapkan bersama. Atas dasar semangat tersebut, Pjs. Walikota Malang meminta Kepala-Kepala OPD untuk memaparkan progres kerja hingga April 2018 serta kendala-kendala yang dihadapi. Selama kurang lebih 30 menit, setiap Kepala Perangkat Daerah menyampaikan progres kerja serta menjawab beberapa pertanyaan Bapak Pjs. Walikota Malang.

Acara puncak Evaluasi Hasil Renja Perangkat Daerah Triwulan 1 adalah penyerahan Piala Adinata Mandrakanta kepada 3 OPD yang unggul dalam kemajuan progres realisasi kinerja dan anggaran pada Triwulan 1 Tahun 2018. “ADINATA MANDRAKANTA” diambil dari Bahasa Sansekerta yang memiliki arti “PALING UNGGUL DALAM KEMAJUAN BERTAHAP”.

Tiga perangkat daerah yang mendapat penghargaan tersebut adalah INSPEKTORAT (Terbaik 3), BARENLITBANG (Terbaik 2) dan BPKAD (Terbaik 1). Penyerahan Penghargaan Adinata Mandrakanta diberikan secara langsung oleh Pjs.Walikota Malang kepada Pimpinan OPD tersebut.