PEMBAHASAN RENCANA AKSI PEMBANGUNAN EKONOMI DI KOTA MALANG

Penyusunan Road Map Ekonomi Kota Malang Tahun 2018-2023 perlu diselaraskan dengan kebijakan Pemerintah Kota Malang seperti yang tertuang dalam Renstra SKPD, RPJMD maupun RPJPD, sehingga mampu diformulasikan menjadi rencana aksi Pembangunan Ekonomi Kota Malang dan menjadi acuan kegiatan pemerintah ataupun masyarakat (stakeholder) sekaligus mendukung kegiatan pembangunan ekonomi di Kota Malang.

Barenlitbang Kota Malang melalui Bidang Ekonomi dan Sumber Daya Alam, mengundang pihak-pihak terkait dalam rangka membahas dan menyusun rencana aksi. Berdasarkan data BPS tahun 2017, perekonomian di Kota Malang secara umum didominasi oleh sektor perdagangan, industri dan konstruksi. Sektor perdagangan berkontribusi pada pendapatan daerah Kota Malang sebesar 29,54%, sektor industri menyumbang 25,4% dan sektor konstruksi menyumbang 12,92%.

Perlu upaya untuk meningkatkan investasi di Kota Malang yaitu berupa perluasan investasi, peningkatan kapasitas produksi serta pemberdayaan usaha kecil menengah. Pemerintah perlu menciptakan iklim usaha yang kondusif dan berdaya saing dengan membuat kebijakan-kebijakan yang efektif untuk mencapai target diberbagai sektor, khususnya sektor-sektor potensial.

Sasaran dalam pembahasan rencana aksi adalah tersusunnya rencana detail pelaksanaan program dan/atau kegiatan dalam mengembangkan kondisi perekonomian Kota Malang sesuai dengan Road Map Ekonomi Kota Malang dan tersusunnya langkah-langkah dan/atau kegiatan yang akan dilakukan.