KUNJUNGAN LAPANGAN OLEH TIM VERIFIKASI KOTA LAYAK ANAK KEMENTERIAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK DI KOTA MALANG

Malang Kota – Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak melalui tim verifikasi Kota Layak Anak mengunjugi Kota Malang dalam rangka melaksanakan verifikasi lapangan yang dilaksanakan pada tanggal 25-26 Juni 2018. Evaluasi Kota Layak Anak (KLA) tahun 2017 dan 2018 telah menggunakan metoda baru yaitu metode penilaian yang dilakukan menggunakan aplikasi berbasis website. Apabila berdasarkan nilai yang diperoleh pada pengisisan aplikasi, hasil nilai Kota Malang adalah sebesar 993,04 sehingga Kota Malang berada pada tingkatan KLA.

Setelah tahap pengisian aplikasi kemudian dilakukan verifikasi lapangan oleh Tim Penilai dari Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Peringkat penilaian KLA adalah sebagai berikut :

  1. KLA : Nilai 900 – 1000
  2. Utama : Nilai 800 – 900
  3. Nindya : Nilai 700 – 800
  4. Madya : Nilai 600 – 700
  5. Pratama : Nilai 500 – 600

Pada Tahun 2017 Kota Malang berada pada Tingkatan Madya dan terus berupaya untuk meningkatkan predikat penilaian KLA. Tentu saja meningkatnya nilai KLA Kota Malang memerlukan dukungan dari semua OPD terkait dan semua lapisan masyarakat agar Kota Malang bener-benar menjadi Kota Layak Anak. Mengingat anak merupakan penerus masa depan daerah, bangsa dan negara, maka diperlukan kebijakan, program dan kegiatan yang menjamin pemenuhan hak dan perlindungan anak melalui pengintegrasian komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat dan dunia usaha serta anak yang terencana serta menyeluruh dan berkelanjutan.