ASISTENSI SAKIP

 

Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintah (SAKIP) Merupakan rangkaian sistematik dari berbagai aktivitas, alat dan prosedur yang dirancang untuk tujuan penetapan dan pengukuran, pengumpulan data, pengklasifikasian dan pelaporan kinerja pada instansi pemerintah dalam rangka pertanggungjawaban dan peningkatan kinerja instansi pemerintah.

Melalui Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan, Pemerintah Kota Malang menyelenggarakan Asistensi SAKIP bertempat di Ruang Sidang Balaikota Malang. Kepala Barenlitbang Kota Malang, Bapak Erik Setyo Santoso, ST.,MT menjelaskan bahwa  penilaian SAKIP merupakan siklus tahunan, sehingga diharapkan SAKIP bukan menjadi sesuatu yang membosankan namun justru menjadi satu kesempatan dan tantangan dalam setiap siklusnya agar menjadi lebih baik. Pengalaman beberapa tahun sebelumnya dapat menjadi bahan masukan yang berharga dalam memperbaiki siklus tahunan SAKIP ini.

Saat ini Barenlitbang Kota Malang telah berproses mempersiapkan rancangan Teknokratik RPJMD tahun 2019-2023 dan berharap seluruh OPD mulai mempersiapkan rancangan RENSTRA Perangkat Daerah, sehingga kualitas dokumen-dokumen perencanaan tersebut menjadi lebih baik. Karena apabila dokumen perencanaan telah disusun dengan baik, maka dalam siklus tahunan SAKIP ini, setiap OPD cukup mengawal dalam proses pelaksanaannya dan tidak terlalu bingung dalam proses evaluasi.