KEPALA BARENLITBANG SIDANG “SKRIPSI” PROYEK PERUBAHAN DIKLAT TK PIM II

Kepala Barenlitbang Kota Malang, Bapak Erik Setyo Santoso, ST.,MT.  menjalani ujian akhir Proyek Perubahan (Proper) bertempat di Balai Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Jawa Timur. Proyek perubahan berisi ide, gagasan atau terobosan-terobosan yang diberikan untuk kemajuan pembangunan di Instansi masing-masing peserta yang tentunya juga akan berdampak pada kemajuan kabupaten/kota para peserta. Berawal dari belum tersedianya sistem informasi penataan ruang di Kota Malang serta terbatasnya masyarakat dalam mengakses rencana tata ruang, Kepala Barenlitbang mengangkat tema terkait inovasi dalam bidang sistem informasi penataan ruang berbasis Web-GIS bernama Si-Petarung yang dapat diakses melalui alamat si-petarung.malangkota.go.id.

Dalam penjelasannya, Kepala Barenlibang menyampaikan jika aplikasi Si-Petarung memiliki respon yang cukup baik di masyarakat. Hal ini ditunjukkan oleh jumlah pengakses aplikasi Si-Petarung terus bertambah bahkan aplikasi tersebutvtidak hanya diakses oleh warga Kota Malang saja namun juga diakses oleh masyarakat di luar Kota Malang hingga luar negeri. Pengembangan aplikasi ini tentu akan terus dilakukan agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat luas khususnya masyarakat Kota Malang terkait penataan ruang. 

Saran dan masukan disampaikan oleh 3 penguji yaitu Drs. Abdul Malik, M.Pd selaku Mentor yang dalam hal ini mewakili Sekretaris Daerah Kota Malang yang berhalangan hadir; Drs. Guntur Gaffar, M. Si selaku penguji dan Drs. Sumarlan, M.Si selaku coach.

Penguji materi, Drs. Guntur Gaffar, M.Si menekankan pada kontinyuitas pengembangan aplikasi Si-Petarung agar terus disempurnakan sehingga proses pengembangan aplikasi tidak berhenti pada agenda diklat saja namun harus terus diperbarui dan terus diperbarui agar menjadi aplikasi yang up to date.

Leave a comment