KICK OFF DESK VERIFIKASI RANCANGAN AWAL RENSTRA PERANGKAT DAERAH 2019-2023

PERENCANAAN YANG CERDAS,  UNTUK KEHIDUPAN  YANG LEBIH BAIK

Perencanaan pembangunan daerah adalah suatu proses untuk menentukan kebijakan di masa yang akan datang, melalui urutan pilihan yang melibatkan berbagai stakeholders dan unsur pemangku kepentingan yang bertujuan untuk memanfaatkan dan mengalokasikan sumber daya yang dimiliki untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat untuk jangka waktu tertentu khususnya di daerah.

Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan sebagai Perangkat Daerah di Kota Malang yang melaksanakan bidang urusan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan  memiliki tanggungjawab  menyusun Perencanaan Pembangunan Kota Malang yang berkualitas demi kesejahteraan masyarakat Kota Malang.

Rencana Strategis   merupakan   dokumen perencanaan Perangkat Daerah yang berjangka waktu lima tahun, disusun dalam rangka mengoperasionalkan RPJMD sesuai tugas dan fungsi masing-masing  Perangkat Daerah  menurut bidang urusan yang menjadi kewenangan daerah.

 Untuk memperkuat peran dan fungsi Barenlitbang sebagai Perangkat daerah yang bertanggungjawab dalam Perencanaan Pembangunan Kota Malang, dilakukan Desk Asistensi terhadap Rancangan Awal Rencana Strategis Perangkat Daerah dengan mengundang perencana seluruh Perangkat daerah, dengan harapan dapat menghasilkan Renstra Perangkat Daerah yang berkualitas dan mendukung tercapainya Visi dan Misi Walikota Malang yang tertuang dalam RPJMD 2019-2023.

Kick Off Desk Rancangan Awal Rencana Strategis Perangkat Daerah 2019 – 2023 dilakukan melalui 2 sesi yaitu :

  1. Sesi pertama : Bidang sektoral Barenlitbang selaku mitra Perangkat daerah memberikan penjelasan tentang kebijakan Pemerintah Pusat, aturan perundangan dan dokumen perencanaan apa saja yang harus ditelaah dan diakomodir dalam Renstra Perangkat Daerah, tahapan Penyusunan Renstra Perangkat Daerah sesuai aturan perundangan dan timeline penyusunan yang harus ditaati.
  2. Sesi Kedua : Rancangan Awal Renstra Perangkat Daerah diverifikasi oleh bidang sektoral Barenlitbang, apakah rancangan awal Renstra Perangkat Daerah sudah sesuai dengan kaidah aturan perundangan, mendukung Visi Misi Walikota yang tertuang dalam RPJMD dan sudah mengakomodir kebijakan pemerintah pusat dan dokumen lainnya.

Kegiatan Kick-Off Desk Rancangan Awal Renstra ini merupakan salah satu upaya Barenlitbang menyusun perencanaan pembangunan daerah melalui  integrasi, sinkronisasi antar ruang, antar waktu, antar fungsi pemerintah baik itu pemerintah pusat maupun pemerintah daerah sehingga Perencanaan Pembangunan Kota Malang dapat dilakukan secara  holistik, tematik, integratif dan spasial dalam mewujudkan Visi Misi Kota Malang sebagai KOTA BERMARTABAT.

 

“If you don’t know where you are going, you’ll end up someplace else”

(Jika anda tidak tahu kemana anda akan pergi, anda akan sampai ditempat lain)

Leave a comment