KUNJUNGAN PESERTA DIKLATPIM TK.IV ANGKATAN I BADAN PENGEMBANGAN SDM PROV.MALUKU UTARA

Kepala Barenlitbang Kota Malang, Bapak Erik Setyo Santoso, ST.,MT. menjadi narasumber dalam acara kunjungan peserta Diklatpim dari Badan Pengembangan SDM Provinsi Maluku Utara didampingi Kepala Subbidang Pelaporan, Ibu Diana Ermandra, SP., MM. Dalam forum tersebut, Kepala Barenlitbang Kota Malang menjelaskan terkait tahapan-tahapan perencanaan secara nasional dan tahapan yang sedang berproses di Pemerintah Kota Malang yaitu penyusunan perencanaan untuk periode 5 tahunan atau dikenal dengan RPJMD.

Mengacu pada peraturan pemerintah terkait tata cara penyusunan perencanaan pembangunan daerah jika setiap tahapan penyusunan memiliki jangka waktu tertentu dan harus menjadi perhatian setiap pemerintah daerah. Sehingga Pemerintah Kota Malang melalui Barenlitbang bersama seluruh OPD terkait berusaha menyelesaikan tahapan demi tahapan sesuai waktu yang telah ditentukan agar pembangunan Kota Malang dapat berjalan dengan lancar dan maksimal.

Selain itu, Bapak Erik Setyo Santoso juga menekan terkait keselarasan antara sasaran, program dan kegiatan setiap perangkat daerah dalam mencapai target yang telah ditentukan serta merubah metode lama yang berlabelkan “business as usual” atau “biasanya seperti ini”, menjadi metode yang lebih mengacu pada program dan sasaran sehingga kita tidak terjebak dengan agenda rutinitas saja namun dapat berkembang dan terus berkembang.

Untuk mempermudah proses perencanaan pembangunan daerah, tentu peran dari teknologi informasi tidak dapat dihindari. Dengan memanfaatkan teknologi informasi yang saat ini telah berkembang pesat diharapkan mampu membantu pemerintah baik pusat maupun daerah untuk menyempurnakan perencanaan pembangunan yang lebih baik.

Leave a comment