RAPAT KOORDINASI TEPRA TERKAIT EVALUASI DAN PENGAWASAN REALISASI ANGGARAN

 

Pembentukan Tim Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran (TEPRA) mendorong penyerapan anggaran secara optimal di lingkungan pemerintah pusat maupun daerah sesuai dengan tugas yang tertuang di dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 20 Tahun 2015 tentang Tim Evaluasi dan Pengawasan Realisasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara dan Angggaran Pendapatan dan Belanja Daerah.

Melalui Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Barenlitbang), Pemerintah Kota Malang menyelenggarakan rapat koordinasi untuk mendiskusikan TEPRA. Rapat koordinasi dibuka dan dipimpin langsung oleh Kepala Barenlitbang Kota Malang, Bapak Erik Setyo Santoso, ST., MT. Beliau menjelaskan bahwa salah satu tugas perwakilan OPD yang hadir dalam forum tersebut adalah menyiapkan dokumen dan data yang diperlukan dalam rangka pelaksanaan pengawasan realisasi anggaran dan program Pemerintah serta menyampaikan segala dokumen dan data yang diperlukan oleh TEPRA.

Kemudian, semua hal tersebut dilaporkan perkembangan realisasi anggaran dan program pemerintah secara berkala disetiap bulannya sesuai dengan tata cara yang telah ditentukan serta melaporkan hambatan-hambatan dalam realisasi anggaran daerah.

TEPRA diharapkan mampu menjadi komponen yang dapat mempercepat penyerapan anggaran dan memastikan APBN/APBD tepat sasaran sesuai dengan perencanaan yang tertuang dalam dokumen perencanaan pembangunan nasional.

Selain pembahasan terkait TEPRA, Kepala Barenlitbang memberikan apresiasi kepada perangkat daerah dengan realisasi anggaran belanja terbaik dan tertib administrasi dalam pelaporan. Dua (2) OPD terbaik peraih apresiasi tersebut adalah Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) dan Kelurahan Bumiayu. Diharapkan dengan adanya apresiasi ini mampu menjadi pemicu Perangkat Daerah lain agar lebih tertib administrasi serta mengejar realisasi anggarannya agar sesuai dengan target yang telah ditentukan.

Leave a comment