STUDI KOMPARASI TERKAIT DRAINASE, BAPPEDA KOTA BOGOR BERKUNJUNG KE KOTA MALANG

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pemerintah Kota Bogor berkunjung ke Kota Malang dalam rangka studi komparasi terkait masterplan drainase di Kota Malang. Rombongan yang terdiri dari 5 aparatur sipil negara tersebut, diterima oleh Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Pemerintah Kota Malang, Bapak Erik Setyo Santoso, ST., MT didampingi Kepada Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah, Bapak M. Anis Januar, ST.,MT.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Barenlitbang Kota Malang memperkenalkan sistem informasi penataan tata ruang Kota Malang atau biasa disebut dengan SI-PETARUNG yang dapat diakses melalui alamat www.si-petarung.malangkota.go.id. Si – Petarung merupakan sebuah aplikasi ketataruangan berbasis Web/WebGis yang dilengkapi dengan fasilitas publikasi (viewing dan downloading) Rencana Tata Ruang, baik itu RTRW, RDTRK, maupun Rencana Kawasan Strategis.

Tidak hanya memperkenalkan SI-PETARUNG, Kepala Barenlitbang juga menyinggung partisipasi masyarakat dalam pembangunan Kota Malang yang diwujudkan dengan lahirnya beragam kampung tematik salah satunya ialah Kampung Glintung Go Green dimana kampung tersebut mampu berubah dari kampung kumuh menjadi lingkungan yang indah. Selain itu, pada Kampung Glintung Go Green terdapat sebuah inovasi yaitu adanya sumur resapan atau biopori yang berfungsi sebagai resapan air sehingga dapat menanggulangi permasalahan genangan air pada saat musim hujan. Bahkan kini, kampung tersebut telah memiliki beberapa sumur penampungan yang dibangun bekerjasama dengan Universitas Brawijaya (UB) Malang.

Leave a comment